YAYASAN ASY SYAHIDAH TAUHID "RUMAH SINGGAH - TAHFIDZUL QUR'AN" , Bank Sumut Cab. Tembung Rek. 109.02.04.014299-9 an. Yayasan As Syahidah Tauhid

AKTE NOTARIS : NO. 25 TANGGAL 30 JUNI 2008,NIDA HUSNA SH. NSM : 4 1 2 1 2 1 0 1 7 5 0 1, NPWP : 31.320.826.6-125.000
KONFIRMASI SEDEKAH SMS 087766100854(Konfirmasi Anda Sangat Kami Butuhkan)

Belajar Al Qur'an OnLine

Rabu, 04 Mei 2011

HIKMAH

 Dalam al-Qur’an, kata hikmah, baik dalam bentuk nakirah ataupun ma’rifatnya ada sembilan belas kata. Diantaranya adalah surat al-Baqarah; 129,151, 231, 251, 269, surat Ali Imram; 48, 81,164, surat al Nisa; 54, 113, surat al Qamar; 5, surat al Nahl; 152, surat al Isra’; 39, surat al Ahzab; 34, surat al Zahraf; 63, surat al Jumat; 2, surat al Maidah; 110, surat Lukman; 12, dan surat Shaad; 20. Arti hikmah menurut bahasa adalah sebagai berikut;a) adil, ilmu, sabar, kenabian, al-Qur’an, dan Injil.b) ungkapan untuk mencegah sesuatu yang utama dengan ilimu yang lebih utama.c) Al-hakiim, yaitu orang yang cermat dalam segala urusan, atau orang yang bijak, yakni orang yang telah ditempa berbagai pengalaman.d) al hakam dan al hakiim, yaitu penguasa dan hakim. tulisannya hakiim, tapi maknanya haakim.e) al-hikmah, yaitu objek kebenaran (al haq) yang didapat melalui ilmu dan akal.f) al hakiim, juga bermakna orang yang mencegah kerusakan.g) al hakamatu, yaitu seseorang yang menghadang kuda. maksudnya ia mencegah kuda agar tidak lari kencang dan ia dapat mengendalikan.h) al hukmu, yaitu mencegah kezhaliman. Dari pengertian hikmah secara bahasa, jelaslah bahwa pengertian dasar kata hikmah adalah “mencegah”. Lafazd dibawah ini digunakan untuk berbagai ungkapan yang mengandung arti “mencegah”, misal;a) adil, artinya mencegah pelaku deri perbuatan zhalimb) hilm (kesabaran dan ketabahan), artinya mencegah pelaku dari perbuatan marah.c) ilm (ilmu), artinya mencegah dari kebodohan.d) kenabian (tugas para nabi) mencegah umat dari beribadah kepada selain Allah; serta mencegah maksiat dan dosa.e) al-Qur’an, Injil, dan kitab kitab samawi lainnya mencegah manusia dari perbuatan syirik, munkar, dan keburukan.


Adapun definisi hikmah menurut istilah, para ulama berbeda pendapat dalam menafsirinya yang ada dalam al-Qur’an dan sunah. Diantara mereka ada yang menafsirkan kata hikmah sebagai kenabian, al-Qur’an, nasikh mansukh, muhkam mutasyabih, halal haram dan sebagainya. Ada yang menafsirkan wahyu Allah yang diberikan kepada nabi Muhammad beserta kitabnya. Ada hikmah adalah mengetahui yang benar dan mengamalkan, hikmah adalah sikap wara’ (menjauhkan diri dari perbuatan maksiat) dalam dinullah, hikmah adalah meletakkan sesuatu pada tempatnya, hikmah adalah menjawab dengan cepat, hikmah adalah ilmu dan pengamalannya. seseorang tidak dikatakan hakiim (bijak), kecuali ia menggabungkan ilmu dan pengamalannya. Terkait dengan ayat di atas, ulama juga berbeda dalam menafsirkan ayat tersebut. Ada yang menafsirkan hikmah sebagai gaya bahasa yang bijak, lemah lembut, sehingga bisa memberikan kesan yang baik, tidak menggunakan kekerasan dan paksaan .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kami akan menghapus komentar yang berkata kasar, melanggar sara,pornografi,dll