YAYASAN ASY SYAHIDAH TAUHID "RUMAH SINGGAH - TAHFIDZUL QUR'AN" , Bank Sumut Cab. Tembung Rek. 109.02.04.014299-9 an. Yayasan As Syahidah Tauhid

AKTE NOTARIS : NO. 25 TANGGAL 30 JUNI 2008,NIDA HUSNA SH. NSM : 4 1 2 1 2 1 0 1 7 5 0 1, NPWP : 31.320.826.6-125.000
KONFIRMASI SEDEKAH SMS 087766100854(Konfirmasi Anda Sangat Kami Butuhkan)

Belajar Al Qur'an OnLine

Sabtu, 23 April 2011

PROPOSAL BANTUAN

DASAR PEMIKIRAN

Assalamu’alaikum Wr Wb

Tatkala keinginan tulus terbesit  di qolbu seorang Hamba, niscaya Allah akan menunjukan jalanNya. Berangkat dari keinginan dan keprihatinan seorang Hamba Allah terhadap sekelompok anak bangsa yang beragama Muslim di Indonesia, khususnya di kota Medan – Deli Serdang dan sekitarnya, yaitu anak – anak jalanan, anak yatim, miskin, anak – anak putus sekolah, maka kami yang bersimpati sangat menginginkan untuk membina dan mendidik mereka dan berinisiatif MENGETUK PINTU HATI para kaum Muslimin dan Muslimat dimana saja berada untuk juga turut serta bersama memberikan Partisipasi dengan sentuhan Kasih Sayang seraya menuntai Tali Silahturahim agar Perjuangan Hamba Allah ini dapat mencapai puncaknya meraih cita – cita dan Ridho Allah Swt. Sama – sama kita ketahui bahwa di kota Medan sebagai kota yang Realigi dan dihuni oleh penduduk yang Mayoritas Muslim.

Sangat minim kita perhatikan Pembinaan dan Pendidikan bagi mereka yang Yatim, Miskin, anak jalanan dll yang beragama Islam. Hasil Investigasi yang kami lakukan menunjukan sebagian besar anak yatim, miskin anak jalanan di Indonesia khusunya Kota Medan dan sekitarnya tidak mendapatkan Pendidikan yang layak.

Ironisnya, ada sebagian dari mereka yang rela menggadaikan Aqidahnya demi mendapatkan Pendidikan. Bedasarkan hal inilah kami dari Pengurus Yayasan Pendidikan As – Syahidah Tauhid Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, kami ingin menampung untuk mendidik dan membina mereka yang dimaksudkan sebagai symbol kepedulian kami dan penyambung ikatan perjuangan kepada anak – anak bangsa.

Untuk itu kami dari Pengurus Yayasan Pendidikan As – Syahidah Tauhid sangat memohon kepada Bapak / Ibu / Sdra / Sdari dapat kiranya membantu kami memberikan sebagian REZIKINYA berupa SEDEKAH, INFAQ, baik berbentuk UANG maupun MATERIAL untuk mendirikan PONDOK PESANTREN/RUMAH SINGGAH/RUMAH TAHFIDZ (taksasi biaya terlampir).

Semoga dengan hadirnya PONPES/RUMAH SINGGAH/RUMAH TAHFIDZ ini dapat membantu anak – anak kita sebagai harapan Agama dan Bangsa. Salam hangat dan seperjuangan dari kejauhan kami sampaikan kepada Bapak / Ibu / Sdra / Sdri.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

 

Q. S. ALI IMRAN : 104 :

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang – orang yang beruntung”.
 

H. R. ABU DAWUD dan TIRMIDZI :

“Barang siapa menuntut ilmu niscaya Allah akan memudakan jalan kesurga baginya. Sesungguhnya para Malaikat mengembangkan sayap – sayapnya untuk menaungi penuntut ilmu karena meridhoi pekerjaannya. Sungguh orang yang mengajarkan kebaikan senantiasa dimintakan ampunan untuknya oleh seluruh penghuni langit dan bumi, hinggah ikan didalam air. Keunggulan ahli ilmu disbanding ahli ibadah (tanpa ilmu) seperti keunggulan (cahaya) bulan di atas (cahaya) seluruh bintang. Para ahli ilmu adalah pewaris para Nabi. Para Nabi tidak mewariskan uang dinar atau dirham. Akan tetapi para Nabi hanya mewariskan ilmu. Karena itu, barangsiapa yang mendapatkan ilmu, berarti ia telah mendapatkan keberuntungan yan teramat besar”.

Q. S. 47 AYAT 7 :

“Wahai orang – orang yang beriman jika kamu menolong Agama Allah, niscaya Dia menolong kamu dan meneguhkan kedudukanmu.”
 
HADITS QUDSI, HR. AD-DARUQTHI dari ABU HURAIROH RA :
 
“Wahai anak Adam, nafkakanlah hartamu pada jalan Allah pasti akan Aku beri nafkah kepadamu. Sesungguhnya tangan (kekayaannya) penuh berlimpah ruah tidak akan disusutkan sedikitpun oleh sesuatu pemberian siang dan malam.”

HADITS QUDSI, HR. AL BAIHAQI dari AL HASAN RA. :

“Wahai anak Adam ! Habiskanlah harta simpananmu pada jalanKU dan tidak khawatir kebakaran, kebanjiran atau kecurian, niscaya akan KUberikan gantinya dikala engkau butuh kepadanya”.
 
Q. S. 107 AYAT 1-7
 
“Tahukah engkau orang yang mendustakan Agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka celakahlah bagi orang – orang yang sholat, (yaitu) orang – orang yang lalai dalam sholatnya, orang – orang yang berbuat riya’ dan enggan menolong dengan barang berguna.”

 

 

 
==============================
 

 

LATAR BELAKANG

Pendirian Pesantren / Rumah singgah  ini dilatar belakangi oleh beberapa hal, di antaranya :
 
1.      Banyaknya anjuran untuk melaksanakan dan mengajarkan berbagai macam kebajikan.
2.      Minimnya Lembaga Pendidikan yang memprioritaskan ilmu – ilmu Agama.
3.      Minimnya perhatian terhadap generasi muda kaum Muslimin dalam membekali mereka dengan Ilmu, semangat atau Ruh Keimanan dan Amal Sholeh.
4.      Meningkatnya kecendrungan terhadap ilmu – ilmu Sains dan Teknologi atau ilmu – ilmu umum lainnya dengan mengabaikan ilmu – ilmu Agama.
5.      Semakin meningkatnya kenakalan dikalangan Remaja kaum Muslimin dan dekadensi Moral yang memicu kea rah tindak criminal, amoral dan sebagainya.
6.      Banyaknya anak – anak yang putus sekolah akibat perekonomian, tidak adanya orang tua dan lain – lain.
7.      Banyaknya permintaan masyarakat Muslimin untuk membangun Sarana Pendidikan dan Penampungan anak – anak Yatim, Miskin, anak jalanan, dll.

 
T U J U A N
 
Didirikan Pondok Pesantren / Rumah Singgah / Rumah Tahfidz ini dengan tujuan – tujuan sebagai berikut :

1.      Ikut berpartisipasi melaksanakan Program Pemerintah dalam memberantas kebodohan dan penyakit social lainnya melalui pembinaan Rohani Keislaman.
2.      Mengarahkan generasi muda kehabitat mereka sebagai anak – anak bangsa yang memiliki peradaban tinggi yang sesuai dengan ajaran Islam.
3.      Membimbing kaum Muslimin menuju pemahaman  dan pengamalan Islam yang tepat dalam berbagai sendi kehidupan.
4.      Mempersiapkan kader – kader pilihan yang berilmu, beriman, beramal sholeh, bertaqwa dan berwawasan yang siap memperjuangkan, membela, mempertahankan, mengajarkan dan menegakkan kebenaran Islam didalam kehidupan rumah tangga dan masyarakat.
5.      Menciptakan kondisi masyarakat yang Islami dimasa mendatang, yang Ridho dan di Ridhoi Allah Swt.
6.      Mengkader da’I – da’I yang memiliki kemampuan pengusaan Ilmu alat dalam ilmu keIslaman serta kristologi yang memadai untuk diterjunkan kedaerah – daerah minoritas Islam.
7.      Mengangkat martabat dan derajat bagi anak – anak yatim, dhu’afa, anak – anak jalanan dan anak – anak yang putus sekolah.
8.      Sebagai rasa kepedulian kepada anak – anak yang tidak mampu dan tidak berorang tua.
9.      Sebagai wadah pusat da’wa Islamiyah.
10.  Sebagai wadah kaderisasi Remaja – Remaja Masjid dan anak – anak muda muslimin sampai orang tua.
 

TARGET YANG DICAPAI

Melalui rancangan kurikulum yang direncanakan serta ditunjang oleh sarana yang memadai dan kwalitas tenaga pembimbing yang kompetensi dan dedikasinya sangat tinggi dalam bidang pengajaran diharapkan akan tercapai target – target selama masa pendidikan lebih kurang 4 (empat) tahun sebagai berikut :

1.      Para Santri mampu membaca Arab Gundul melalui penguasaan kaidah – kaidah Ilmu Bahasa Arab secara baik, seperti ; Ilmu Nahwu, Ilmu Shorof, Ilmu Bayan dan Ilmu Balagho.
2.      Para Santri mampu berdialog dengan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
3.      Para Santri mengusai kaidah – kaidah Ushul Fiqih secara baik.
4.      Para Santri menguasai dasar kaidah Ilmu Mustholah Hadits secara baik.
5.      Para Santri mengusai kaidah – kaidah Ushul Ilmu Tafsir Al Qur’an secara baik.
6.      Para Santri mengusai Ilmu dasar penggunaan Computer dan Internet.
7.      Para Santri mengusai kristologi secara memadai
8.      Para Santri mampu mandiri dalam melaksanakan kewajiban sebagai seorang Da’I dan dalam melaksanakan kewajiban hidup
9.      Para Santri mampu menghafal minimal 15 juz al qur’an.
10.  Para Santri mampu melaksanakan ketrampilan – ketrampilan yang sudah diajarkan, seperi ; menjahit, bercocok tanam, dll.
 

TENAGA PEMBIMBING

Tenaga Pembimbing adalah mereka yang memiliki latar belakang Pendidikan Ilmu Keislaman dari berbagai Lembaga Pendidikan dalam dan  luar Negeri seperti ; Pondok Pesantren di Jawa dan Sumatera, LIPIA Jakarta, LPBA Al Manar Jakarta, IAIN, UMSU, UISU, dan Universitas Islam Timur Tengah dan lain – lain. Memiliki kapasitas Ilmu – Ilmu Islam yang memadai, berdedikasi tinggi dan berkompeten dalam bidang Pengajaran dan Da’wa Islam.

 
PESERTA DIDIK
 
Peserta Didik berasal dari berbagai lapisan dan kalangan. Khususnya anak – anak yatim, dhu’afa, anak jalanan dan lain – lain.

 
PROGRAM BEA SISWA
 
Pesantren ini menyediakan paket program bea siswa bagi 10 orang peserta didik setiap tahun berasal dari daerah minoritas Muslim dengan syarat dan ketentuan khusus. Dan penanggulangan biayanya melalui pengadaan  bapak angkat atau melalui penganggaran dana pesantren bila telah memiliki usaha mandiri.

 
NAMA PONDOK PESANTREN / RUMAH SINGGAH
 
Pesantren ini diberi nama : PONDOK PESANTREN / RUMAH SINGGAH / RUMAH TAHFIDZ YAYASAN AS - SYAHIDAH  TAUHID

 

BADAN HUKUM

Pondok Pesantren / Rumah Singgah dibawah YAYASAN AS – SYAHIDAH TAUHID, telah di rekomendasikan oleh KUA Percut Sei Tuan, Depaq Deli Serdang, ber Akte Notaris No. 25 Tanggal 30 Juli 2008, Nida Husnah , SH.

 

 
STRUKTUR KEPENGURUSAN  YAYASAN
 
Ketua Yayasan             : USTADZ MUHAMMAD BUDIONO AL AMIN
                                      
Sekretaris                     : JUMALI

Bendahara                    : SUNARSEH

Pendiri Yayasan            : 1. USTADZ MUHAMMAD BUDIONO AL AMIN, M.Ph
                                      2. JUMALI
                                   
        
SIFAT DAN STATUS
 
Pesantren ini bersifat Independent untuk kepentingan Kaum Muslimin secara umum dan berstatus Formal, Informal dan Non Formal.

 
DANA OPERASIONAL PESANTREN
 
Dana operasional Pesantren bersumber dari :
 
1.      Donatur tetap atau tidak tetap dari kaum Muslimin.
2.      Sumbangan Bulanan dari Santri yang Ekonominya menengah ke atas, artinya santri yang berstatus yatim, miskin tidak dikenakan biaya bulanan.
3.      Badan usaha yang dikelola oleh Yayasan atau Pesantren dengan modal sendiri atau bekerjasama dengan pemilik modal dengan system bagi hasil.
4.      Pengurus dan Pendiri Yayasan
5.      Instansi Pemerintah
6.      Para simpatisan.
7.      Dan lain – lain

 
SARANA PENUNJANG
 
Untuk merealisasikan program ini dibutuhkan sarana – sarana penunjang sebagai berikut :

-         Areal tanah seluas 5000 m2 , (sementara saat ini seluas 800m2).
 
-         1 buah mesjid seluas 15 x 20 m = 300 m2

-         50 unit pondok sederhana, untuk tidur santri, @ 4 x 4 meter
 
-         1 unit pendopo sederhana untuk pengajian, 7 x 14 meter

-         6 unit ruang kelas, @ 7 x 7 meter

-         1 unit laboratorium bahasa, 7 x 7 meter

-         6 unit pondok sederhana untuk pengajar yang dari luar kota dan luar negeri,
 
       @ 4 x 4 meter
 
-         1 unit ruang laboratorium computer, 7 x 7 meter
 
-         1 unit ruang pertemuan, 7 x 7 meter
-         1 unit ruang dapur, 5 x 5 meter

-         1 unit ruang makan, 7 x 7 meter

-         2 unit ruang belajar, @ 7 x 7 meter

-         1 unit perpustakaan, 10 x 10 meter

-         20 unit computer

-         1 unit kantor guru, 7 x 7 meter

-         1 unit kantor Pimpinan Pesantren, 4 x 4 meter

-         1 unit kantor Pengurus Yayasan, 6 x 6 meter

-         4 unit kamar mandi, @ 4 x 4 meter

-         10 unit WC, @ 2 x 3 meter

 

 

SEKRETARIATAN

Kegiatan Pembangunan Pondok Pesantren / Rumah Singgah ini berkantor  di Yayasan As – Syahidah Tauhid, Jl. Trimurti Pasar 6 Dusun V Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia.

 
TAKSASI BIAYA PEMBANGUNAN PONDOK PESANTREN / RUMAH SINGGAH / RUMAH TAHFIDZ

Taksasi biaya untuk Pembangunan Pondok Pesantren / Rumah Singgah / Rumah Tahfidz ini di perkirakan mencapai : Rp 883.000.000 ( Delapan Ratus Delapan Puluh Tiga Juta Rupiah ).
 

 
REKENING BANTUAN
 
Bantuan dapat disampaikan langsung kepada Pengurus Yayasan As – Syahidah Tauhid atau akan di jemput ketempat dan juga dapat ditransfer dananya ke Rekening Bank BRI Cabang 1092 KCP TEMBUNG No. Rek. 1092 – 01 – 001112 – 50 - 7                                           , dengan mencantumkan alamat donator dengan jelas atau nomor kontak yang bisa di hubungi. Pengurus Yayasan akan memberikan Kwitansi, Piagam, dan sebuah buku bacaan sebagai kenangan – kenangan dari Pengurus Yayasan.

 
LAMPIRAN - LAMPIRAN
 
1.      Akte Notaris Pendirian Yayasan As – Syahidah Tauhid
2.      Foto Copy Surat Rekomendasi Depag Kabupaten Deli Serdang
3.      Peta lokasi Pembangunan Pondok Pesantren / Rumah Singgah
4.      Gambar Rencana Bangunan
5.      Dan lain – lain yang di anggap perlu
 
PENUTUP
 
Demikianlah Proposal ini kami sampaikan kepada saudara – saudaraku dimana saja berada. Semoga kiranya Allah memberi Petunjuk, Taufik dan HidayahNya serta memberi pertolongan dan kemudahan bagi terealisasinya rencana ini. Hanya kepada Allah Swt kami berharap dan berserah diri. Amiin.

 
WASSALAMUA’ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUHU

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

kami akan menghapus komentar yang berkata kasar, melanggar sara,pornografi,dll